Menghitung Porsi Catering Pernikahan
Menghitung Porsi Catering Pernikahan

Moment pernikahan adalah moment yang penting dan sakral bagi setiap orang. Tidak jarang pernikahan juga dijadikan sebagai ajang reunian teman-teman sekolah ataupun rekan kerja. Bukan hanya untuk kedua pengantin, Orang tua dan keluarga dari kedua belah pihak juga sangat menantikan moment pernikahan sebagai waktu untuk berkumpul dengan sanak saudara. Makanan atau katering sangat perlu diperhatikan untuk menambah kesempurnaan moment pernikahan. Berikut Vessa akan berikan tips cara menghitung porsi catering pernikahan ala Vessa Catering agar terhindar dari masalah makanan yang kurang atau berlebih. (Baca Juga: Apa itu Wedding Organizer?)

Sesuaikan Makanan Dengan Usia Rata-rata Tamu Undangan

Tips ini akan membantu kita untuk menentukan menu apa yang cocok bagi tamu undangan yang akan hadir, jangan sampai makanan yang mereka cicipi kurang pas. Dengan tahu jenis makanan yang dipilih (Baca Juga: Rekomendasi Menu Gubukan), maka akan lebih memudahkan kita menentukan porsi makanannya.

Resepsi Siang dan Malam itu Berbeda

Tahu kah kamu komposisi atau menu prasmanan makanan siang dan malam itu berbeda? Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti pola makan, waktu, dan faktor lain yang membedakan porsi makan dari tiap tamu undangan. Biasanya untuk resepsi siang, komposisi yang digunakan adalah menu prasmanan sebesar 80% dan 20% untuk gubukan. Sedangkan untuk resepsi malam prasmanan 70% dan 30% pada menu gubukan.

Hitung Jumlah Makanan berdasarkan Jumlah Orang bukan Tamu Undangan

Ini menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan dan menjadi poin utama. Jumlah porsi makanan yang harus dihitung adalah orang, bukan berdasarkan jumlah tamu yang diundang. Mengingat biasanya para penganting kurang menghitung jumlah anggota keluarganya yang tidak pakai undangan. Termasuk jumlah panitia yang bukan dari keluarga namun tidak menggunakan undangan, seperti teman-teman dekat atau pagar bagus dan ayu juga harus dihitung.

Pada dasarnya satu undangan biasanya ditujukan untung 2 orang. Namun hal ini tidak berlaku seperti tamu berkeluarga yang akan membawa anak mereka, ataupun undangan yang ditujukan ke grup seperti grup kelas, grup organisasi dll. Sebagai contoh, saat kapasitas undangan 500, maka normalnya akan dikalikan 2 dengan perkiraan tamu yang hadir 1000 orang ditambah dengan anggota keluarga dan panitia sekitar 200-300. Maka 1200-1300 porsi adalah angka aman untuk undangan 500. (Baca Juga: Menu Makanan Wajib Ada Di Pernikahan Kamu)

Namun hal ini tentunya bukan menjadi patokan utama, melainkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari calon pengantin yang berbeda-beda. Untuk kamu yang masih bingung dengan permasalahan menghitung jumlah porsi makanan, agar tidak salah hitung, kamu bisa kontak tim kami dari Vessa Catering yang siap membantu kamu dalam menghitung Menghitung Porsi Catering Pernikahan agar acara pernikahan kamu dan pasangan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *