Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Undangan Digital
Undangan Digital Unik

Perkembangan era digital dewasa ini sudah menjadi hal yang lumrah kita rasakan, setiap kegiatan kita sehari-hari sudah sangat terbantu dengan adanya beberapa kecanggihan teknologi yang berkembang secara pesat. Dari segi wedding atau pernikahan kini juga terkena imbas perkembangan teknologi, salah satunya dengan munculnya trend baru ‘Undangan Digital’. Tapi, tidak semua orang menerima dan mau menggunakan undangan digital dan tetap memilih untuk menggunakan undangan secara manual atau undangan cetak. (Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Catering Pernikahan).

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan undangan digital dalam pernikahan :

Kelebihan

  • Mudah

Tidak bisa dipungkiri lagi, dengan adanya bantuan sosial media saat ini, penggunaan undangan online menjadi pilihan paling mudah untuk menyampaikan informasi penting seperti pernikahan. Selain itu undangan digital dinilai juga lebih praktis dan menghemat waktu. Apalagi persiapan pernikahan yang banyak dan cukup melelahkan akan memakan banyak waktu yang cukup membuat kalian pusing.

  • Murah

Selain penyebarannya yang mudah, undangan digital memakan budget yang lebih murah dibandingkan dengan undangan cetak, Bahkan sebagian dari kalian bisa memanfaatkan bantuan teman yang bisa membantu yang tentunya akan diberikan ‘harga teman’.

Untuk kalian yang gak mau ribet, saat ini bahkan sudah banyak jasa-jasa yang menawarkan undangan dalam bentuk digital yang unik dan menarik dengan harga yang gratis maupun yg berbayar. Contoh jika kalian ingin menggunakan undangan digital secara gratis bisa menggunakan Mailchimp.

  • Jangkauan Luas

Karena menggunakan sosial media sebagai media penyebarannya, tentu saja jangkauan penggunaan undangan digital akan jauh lebih luas. Ini sangat bermanfaat bagi kalian yang punya banyak teman dimana-mana. Jangkauannya yang luas membuat kalian tidak usah repot-repot untuk mengirim ke personal satu per satu. Kirim satu undangan, kalian bisa undang orang sekampung hehe. Selain menggunakan media sosial, ada juga aplikasi undangan digital yang bisa langsung memblast undanganmu jadi tidak perlu repot mengirim undangan digital satu persatu.

Tapi, dibalik kelebihan itu semua, penggunaan undangan digital juga memiliki kekurangan bahkan bisa jadi masalah fatal loh!

Kekurangan

  • Dianggap Kurang Resmi

Bagi sebagian orang, penggunaan undangan digital masih dianggap kurang resmi, apalagi untuk anggota keluarga ataupun tamu-tamu penting. Budaya timur yang sangat kental dengan sopan santun masih melekat di masyarakat terutama mereka yang tidak masuk kedalam millennial era. Jadi akan lebih baik kalian tetap menggunakan pilihan undangan cetak untuk beberapa tamu tertentu ya!

  • Tidak Dianggap Penting

Ini bisa berlaku untuk beberapa orang yang memiliki sifat “bodo amat” dengan segala sesuatu yang dia anggap tidak penting. Ada sebagian dari mereka yang menganggap undangan yang hanya dikirim via sosial media hanyalah acara yang biasa. Bahkan sebagian akan timbul lelucon seperti “yaudah karna undangannya via online, isi amplopnya berarti gue transfer aja ya bro” 😊

  • Jumlah tamu Tidak Bisa Diprediksi

Hal ini yang harus diperhatikan dan dipahami karena bisa mendatangkan dampak yang fatal. Karena jangkauan dari penyebaran undangan digital yang sangat luas, kalian tidak akan pernah bisa memprediksi dengan benar berapa jumlah tamu yang akan datang. Bahkan akan ada istilah ‘tamu tidak diundang’. Hal ini tidak bisa dianggap spele, karena akan berpengaruh ke jumlah dari porsi makanan yang sudah kalian hitung dan persiapkan sebelumnya. Kalian gak mau malu kan saat tamu datang tapi makanan sudah habis duluan ? ☹

Jadi.. penggunaan undangan digital selain memiliki kelebihan yang banyak, juga memiliki kekurangan bahkan menyebabkan dampak fatal jika tidak diperhitungkan dengan baik dan benar.

Untuk kalian yang tidak mau ada masalah seperti makanan kurang saat event, kalian bisa kontak @Vessacatering karena tim terlatih vessa akan membantu kalian menentukan jumlah dan porsi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian.

Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia, namun jika digunakan dengan baik, benar, dan terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *